Cara Mudah Mengatasi Virus Yang Menyerang Komputer

Posted on November 3, 2010

5


logo virus komputerCara mudah mengatasi virus yang menyerang komputer tanpa harus menggunakan anti virus yang kita bahas saat ini adalah dengan menggunakan ketenangan, kesabaran, dan sedikit pengetahuan mengenai tanda-tandanya.
Mungkin ini adalah salah satu dari beberapa ciri-ciri atau tanda-tanda yang Anda jumpai pada komputer Anda:
– Sistem melambat atau mulai lemot, padahal tidak biasanya seperti itu.
– Munculnya kejadian-kejadian yang menurut Anda tidak sepatutnya, seperti pesan error dan lain-lain
– Tampilan berubah, seperti wallpaper menjadi terbalik dan lain-lain
– Komputer tiba-tiba melakukan restart tanpa kita perintahkan
– Pada printer, tiba-tiba melakukan print otomatis.
– Munculnya file-file baru padahal kita tak melakukan apa-apa
– Ekstention berganti, atau menghilang.
– Pada flashdisk, ketika kita meng-unplug/ melepas koneksi, windows gagal melakukannya.
– Hilangnya salah satu atau beberapa program yang ada.
– Tidak dapat membuka suatu program.
– Komputer seperti kehilangan kendali.
Jika ini yang terjadi, tidak perlu panik. Karena kepanikan hanya akan mengantarkan kita kepada masalah baru yang tentunya menambah keruhnya suasana. Ketenangan sangat dibutuhkan. Ketenangan akan membawa kita pada solusi yang terbaik.
Yang pertama, yang wajib Anda lakukan adalah tidak membuka suatu program installer apalagi meng-installnya. Kalau ini dilakukan, bisa-bisa programnya ikut terinfeksi virus. Bersabarlah…
Langkah kedua, selamatkan semua data-data penting yang Anda miliki seperti yang sudah saya beberkan pada artikel sebelumnya.(Baca lagi)
Langkah ketiga, mengecek semua folder-folder dan memastikan sudah tak ada lagi file atau folder penting yang belum diselamatkan.
Langkah keempat, bereksperimenlah ke dalam folder system (windows) karena dengan cara seperti itu pengetahuan kita akan bertambah. Cari file yang kita curigai sebagai biang keladi dari semua kekacauan ini. Delete atau ganti nama ekstension-nya. “Pokoke” menurut selera Anda lah. Setiap tindakan yang kita lakukan kadangkala membutuhkan restart. Jadi sebaiknya setiap selesai melakukan tindakan, Anda perlu juga merestart komputer.
Langkah kelima, apapun hasilnya Anda wajib menginstall ulang komputer Anda secara penuh. (maksudnya, menginstall dengan cara memformat total partisi di mana virus tadi bercokol). Mengapa?
Hal ini dimaksudkan agar kita dapat membasmi virus-virus tadi sampai ke akar-akarnya. Selain itu langkah ini dapat membuat usia harddisk lebih awet atau tidak cepat rusak. Karena tidak ada sisa-sisa file atau apa saja yang menumpuk di dalam partisi tadi yang tentunya membuat sistem atau windows dapat mengakses data dengan cara senpurna, tanpa hambatan.
Ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara mudah mengatasi virus yang menyerang komputer.

sumber : http://qsew.blogspot.com/2010/05/cara-mudah-mengatasi-virus-yang.html

Advertisements